Amanah - Rasa Cerita Blog

Monday, January 29, 2018

Amanah


Insan hasanah berjiwa amanah….
Dua pekan lalu, selama tujuh hari penuh hari-hari saya diiringi dengan kalimat tersebut yang dilantunkan dalam bentuk yel-yel oleh Peserta Samapta dan Bela Negara Officer Development Program BNI Syariah Batch 6. Kalimat tersebut hanya penggalan pertama dari keseluruhan yel-yelnya. Sesuai dengan tujuan yel-yel pada umumnya, yaitu untuk penyemangat, kalimat itu berhasil menyemangati saya hingga meresap ke dalam dada ini. Menjadikan sang empunya merenung. Hingga timbul pertanyaan untuk diri sendiri, “sudahkah saya amanah?”

Seketika saya dihinggapi rasa takut. Takut dengan apa yang akan terjadi pada masa perhitungan kelak. Tidak mampu membayangkan apa jadinya jika diri ini tidak amanah. Jika yang dilakukan nyatanya adalah khianat dan semakin jauh dari amanah. Naudzubillah….. Astagfirullahaladzim…. Astagfirullahaladzim…. Astagfirullahaladzim…. Ya Allah… hindarilah hamba dari api neraka baik sementara maupun selamanya.

Amanah dalam KBBI Online salah satunya diartikan sebagai sesuatu yang dipercayakan (diititipkan) kepada orang lain. Dalam salah satu ceramah yang pernah saya ikuti amanah ini bisa berupa benda konkrit dan benda abstrak. Benda konkrit seperti barang dan uang. Benda abstrak seperti jabatan. Termasuk cerita rahasia seseorang kepada kita itu adalah amanah.

Kekhawatiran saya terhadap lalai dalam amanah ini membawa pada ilmu-ilmu baru. Bahwa betapa pentingnya amanah itu sampai Allah langsung memperingatinya dengan tegas dalam Al Qur’an.

يٰٓأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا لَا تَخُونُوا اللَّهَ وَالرَّسُولَ وَتَخُونُوٓا أَمٰنٰتِكُمْ وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui. (Surat Al Anfal: 27)

Tidak salah ketakutan itu hadir. Nyatanya menjaga amanah adalah bagian dari kewajiban iman. Betapa pentingnya perkara amanah ini sampai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لَا إِيْمَانَ لِمَنْ لَا أَمَانَةَ لَهُ

“Tidaklah sempurna iman seseorang yang tidak menjaga amanah .”

(HR. Ahmad 3/135, Ibnu Hibban 194. Dishahihkan oleh syaikh Al Albani dalam shahiihul jaami ’)

Semoga kita dapat menjadi insan-insan penuh amanah. Aamin…

12 Jumadil Awwal 1439H

Page 2 of 365

No comments:

Post a Comment