Berjuang Online - Rasa Cerita Blog

Monday, February 19, 2018

Berjuang Online


Setelah terakhir mencoba bergabung dengan Komunitas One Day One Post (ODOP) yang mana gagal. Saya sempat hibernasi dan menarik diri dari beragam kegiatan online lainnya. Kemudian, awal tahun saya merasa sudah siap dan sudah mampu mengatur cukup waktu untuk bergabung kembali bersama hiruk pikuk komunitas online khususnya kepenulisan. Sayang, ternyata tingkat keseringan saya bertemu dengan laptop tidak berbanding lurus dengan aktivitas saya di komunitas kepenulisan online. Pada akhirnya, saya kembali merasa gagal.

Ternyata untuk bertahan saat mengikuti komunitas online itu butuh perjuangan. Salut saya untuk mereka yang berhasil. Apalagi seperti ibu rumah tangga yang aktif sekali di blognya dan dapat juga mengurus rumah tangganya. Dua jempol untuk mereka.

Berjuang online di komunitas kepenulisan bagi saya itu sulit sekali. Karena komitmen yang dibangun berbeda dengan aktivitas di dunia nyata. Dan berbeda dengan menulis diari. Saya setiap hari terus menuli di buku khusus yang tidak boleh dilihat oleh siapa pun. Rahasia pokoknya. Berbeda dengan tulisan yang harus saya kirim dan sebar kebanyak orang because my digital footprint will be there forever. Dosa pun pahalan yang mengalir karena tulisan saya akan terus ada walaupun jasad ini telah tiada.

Saya salut dengan mereka, seperti ibu rumah tangga yang mampu mengurus blognya dengan apik sampai ada yang mau beriklan di blognya atau meminta untuk dibuatkan copy writing/soft selling dan semacamnya. Mereka keren. Mampu membagi waktu secara baik antara aktivitas online dan offlinenya.

Well, manusia memiliki karakter yang berbeda-beda. Dan prioritas yang berbeda pula. Dengan semangat yang juga berbeda. Sehingga, saya tidak bisa menyamakan diri saya dengan mereka. Pun sebaliknya. Sayangnya, terkadang ada diantara kita yang merasa karena bisa maka yang lain juga pasti bisa.

Saya perlu berjuang ekstra keras dengan hal-hal online. Namun, ada orang-orang yang dengan mudah dapat melakukannya. We all have different struggles in life, don't compare yours with mine.

2 Jumadil Akhir 1439 H

Page 5 of 365

No comments:

Post a Comment